Kamis, 27 September 2018

7 MANFAAT AKUNTANSI SECARA UMUM

Manfaat Akuntansi, Tidak dapat dipungkiri di setiap seluk beluk kehidupan ekonomi dan keuangan memerlukan akuntansi. Karena ia telah menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama pada entitas-entitas usaha. Mereka menggunakan akuntansi sebagai alat untuk mempermudah proses kegiatan usahanya. Tanpa adanya akuntansi, kegiatan ekonomi akan berjalan lambat baik di entitas perusahaan swasta maupun publik (pemerintah). Jika sudah demikian, perekonomian tidak akan tumbuh dengan baik.

Pengertian Akuntansi
Secara singkat, akuntansi dapat diartikan sebagai kegiatan mencatat siklus keuangan. Dalam pengertian yang lebih luas, akuntansi adalah rangkaian kegiatan dalam mencatat, mengukur, mengidentifikasi, menyajikan serta melaporkan aktifitas transaksi keuangan. Fungsinya untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat dibaca dan dipahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Pihak berkepentingan tersebut antara lain :

1. Para pengambil keputusan dalam perusahaan (internal)
Seperti manajer, direktur, pemegang saham yang berkepentingan dalam menganalisa kondisi keuangan perusahaan. Selain itu untuk mengambil keputusan yang tepat guna kelangsungan jalannya perusahaan (prinsip akuntansi Going Concern).

2. Pihak lain dari luar perusahaan (eksternal)
Yaitu investor dan pemerintah. Investor memiliki kepentingan untuk melihat kondisi keuangan suatu perusahaan. Apakah keuangan perusahaan dalam keadaan stabil dan profitable (bisa mendatangkan keuntungan) sehingga bisa memberikan return berupa dividen yang tinggi dan berkesinambungan bagi dirinya. Sedang pemerintah berkepentingan dengan informasi keuangan perusahaan terkait masalah perpajakan yang wajib dipenuhi perusahaan.

Akuntansi disebut juga sebagai seni mencatat aktifitas transaksi keuangan. Disebut seni karena dalam akuntansi tidak terdapat standar baku yang harus digunakan dalam proses mencatat dan mengolah transaksi keuangan. Hanya saja terdapat persamaan dasar dalam akuntansi yang wajib dipenuhi guna memperoleh informasi keuangan yang baik, mudah dibaca dan dipahami. Untuk belajar akuntansi dengan mudah, maka perlu mengetahui dan memahami persamaan akuntansi sebagai prinsip dasar akuntansi, yaitu :

Harta = Utang + Modal

Output atau produk yang dihasilkan dari proses akuntansi berupa laporan keuangan, di mana laporan tersebut wajib diadakan oleh perusahaan dengan menggunakan standar akuntansi. Laporan lain yang merupakan laporan pendukung adalah laporan penjualan dan laporan persediaan. Laporan tersebut yang nantinya berperan penting dalam kegiatan operasional perusahaan.

Arti Penting Akuntansi
Akuntansi dapat dikatakan pula sebagai cerminan perusahaan. Karena akuntansi digunakan di semua perusahaan baik swasta maupun pemerintah, maka menjadi penting untuk mempelajari akuntansi. Perusahaan sebagai entitas usaha yang melakukan kegiatan usaha dengan tujuan guna memperoleh laba atau keuntungan sebesar-besarnya.

Maka akuntansi merupakan bahasa bisnis utama perusahaan untuk dapat berkiprah di dunia ekonomi. Perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur melakukan transaksi keuangan yang selanjutnya menggunakan akuntansi untuk mencatat dan mengolah transaksi tersebut. Kegiatan mencatat serta mengolah tersebut tidak asal-asalan atau sembarangan, namun berdasarkan bukti transaksi yang ada dan valid. Bukti-bukti transaksi tersebut bisa berupa nota penjualan, nota pembelian, kwitansi, retur penjualan, retur pembelian, dan sebagainya.

Akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai berikut :
  1. Sebagai tolak ukur kemajuan perusahaan. Dari proses akuntansi yang disusun dengan baik, rapi dan benar sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang ada, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang baik. Begitu pun sebaliknya.
  2. Sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan keuangan dan berguna bagi pihak-pihak berkepentingan terhadap kondisi serta aktifitas ekonomi perusahaan. Fungsi ini sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya di atas.
  3. Dalam kaitannya dengan aktifitas ekonomi bangsa, pajak suatu perusahaan yang wajib dipenuhi pada negara juga dapat dihitung menggunakan akuntansi.
  4. Sebagai bahan pertimbangan bagi investor-investor di dalam maupun luar negeri yang ingin melakukan investasi pada sebuah perusahaan.
  5. Sebagai alat untuk mendeteksi dan mencegah tindak korupsi atau penyalahgunaan dana dalam sebuah perusahaan swasta maupun pemerintahan.
Selain perannya dalam mempermudah kegiatan ekonomi secara agregat, akuntansi juga memiliki manfaat yang lebih spesifik bagi tiap-tiap perusahaan. Manfaat Akuntansi antara lain sebagai berikut :

1. Untuk Perencanaan, Koordinasi, Pengawasan serta Pengendalian
Manfaat Akuntansi yang pertama yaituManajer sebagai pihak internal yang berkaitan langsung dengan perusahaan membutuhkan informasi keuangan yang disajikan melalui proses akuntansi untuk keperluan perencanaan (planning), koordinasi (coordination), pengawasan serta pengendalian (controlling) kondisi dan keuangan perusahaan.

2. Merencanakan dan Menetapkan Aktifitas Perusahaan 
Laporan keuangan menyajikan data aset kas maupun non kas perusahaan. Untuk kepentingan operasional perusahaan membutuhkan data tersebut agar diketahui secara valid dan akurat tentang kondisi likuiditas perusahaan. Sehingga dapat terencana dengan jelas apakah perusahaan mampu melakukan pembelian, membayar utang, dan alokasi sumber daya ekonomi lainnya.

3. Sebagai Dasar untuk Menghitung Besar Pajak 
Perusahaan memiliki kewajiban membayar pajak pada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi tersebut disesuaikan dengan kondisi laba perusahaan. Laba atau keuntungan perusahaan dalam periode tertentu dapat diketahui melalui proses akuntansi. Di samping itu, kebijakan pajak perusahaan juga dapat ditentukan setelah menganalisis laporan keuangan.

4. Untuk Memperoleh Pinjaman dari Kreditur.
Kreditur yang memberikan pinjaman biasanya memiliki persyaratan tertentu misal rasio likuiditas perusahaan yang harus bagus. Rasio ini dapat dihitung melalui laporan keuangan, yaitu dengan membandingkan aset-aset terhadap utang lancar perusahaan. Gunanya untuk mengetahui apakah perusahaan mampu untuk memenuhi kewajiban utang jangka pendeknya. Para kreditur ini bisa lembaga perbankan atau lembaga kreditur lainnya.

5. Menyediakan Informasi Keuangan bagi Investor 
Semua pihak pasti akan berhati-hati jika ingin melakukan investasi. Begitu pun dengan investor yang biasanya berinvestasi dalam jumlah uang yang tidak sedikit. Karena itu dibutuhkan sikap waspada dan pertimbangan yang matang untuk memutuskan apakah investor jadi menyerahkan uangnya pada sebuah perusahaan atau tidak.

6. Menjadi Bahan Pertimbangan bagi Rekan Bisnis 
Sebuah perusahaan tidak akan mau bekerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki kondisi keuangan kurang baik. Hal tersebut jelas karena perusahaan menginginkan memperoleh keuntungan dari setiap hubungan bisnisnya. Maka kondisi sebuah perusahaan yang baik atau tidak tercermin dalam laporan keuangannya.

7. Merupakan Alat Pertanggungjawaban 
Manfaat Akuntansi yang terakhir Tugas seorang manajer adalah menetapkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan, termasuk dalam hal kebijakan keuangan. Kebijakan-kebijakan tersebut berjalan dengan baik atau tidak, dapat mudah diketahui melalui laporan keuangan akhir periode perusahaan.

Setelah membaca dan memahami apa itu akuntansi, berikut terdapat beberapa hal penting jika Anda ingin bisa menguasai akuntansi, yaitu :
  • memahami persamaan dan prinsip dasar akuntansi.
  • mengerti istilah-istilah yang terkait dengan akuntansi seperti jurnal, debet-kredit, dan sebagainya.
  • mengetahui ruang lingkup akuntansi.
sumber: dosenakuntansi.com


Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :
  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)
KANTOR KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KANTOR JASA AKUNTANSI BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR AKUNTAN PUBLIK BATAM
KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
SOFTWARE ACCOUNTING BATAM
SOFTWARE KASIR BATAM
SOFTWARE POS BATAM
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN BATAM
JASA PERPAJAKAN BATAM
JASA AKUNTANSI BATAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer