Selasa, 25 September 2018

CARA MUDAH MEMAHAMI LAPORAN LABA RUGI ATAU INCOME STATEMENT

Income Statement
Income statement atau Laporan Rugi Laba merupakan salah satu laporan keuangan utama, bersama dengan Balance Sheet dan Cash Flow Statement. Income statement adalah laporan keuangan yang menyajikan gambaran kinerja bisnis dalam menghasilkan revenue atau pendapatan atas biaya yang dikeluarkan selama satu periode. Tujuan akhir dari laporan laba rugi adalah untuk mengetahui apakah bisnis mengalami laba atau justru mengalami rugi selama periode laporan tersebut.

Laporan rugi laba ini dipakai oleh pengguna laporan keuangan terutama calon investor untuk mengukur tingkat profitablitas serta pertumbuhan suatu bisnis. Sehingga, laporan rugi laba ini memiliki peranan yang sangat penting bagi calon investor sebagai dasar untuk menentukan apakah akan berinvestasi ke bisnis tersebut atau justru mengabaikannya.

Istilah-Istilah dalam Income Statement
Untuk lebih memahami income statement, kita terlebih dahulu harus familiar dengan istilah-istilah dalam laporan tersebut. Beberapa istilah yang digunakan dalam laporan laba rugi adalah sebagai berikut:
  • Net sales/Revenue atau Pendapatan. Yaitu nilai penjualan barang atau jasa selama satu periode akuntansi. Istilah lain dari Net Sales adalah top line.
  • Cost of good sold (COGS)/Cost of Sales (COS)/Cost of Services atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Yaitu biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang atau jasa.
  • Gross Profit atau Laba Kotor. Yaitu selisih antara Net Sales dengan Cost of Sales ( Gross Profit = Net Sales – Cost of Sales). Gross profit disebut juga dengan gross income atau gross margin.
  • Selling, General and Administrative (SG&A) Expenses. Yaitu biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tetapi tidak terkait dengan biaya untuk memproduksi barang atau jasa. Contoh biaya ini adalah gaji pegawai staf atau admin, biaya marketing, logistik, dll.
  • Operating Income atau Laba Operasi. Yaitu selisih atau pengurangan antara gross profit dengan selling, general and administrative expenses (Operating Income = Gross Profit – SG&A Expenses).
  • Interest Expenses. Yaitu biaya bunga yang harus dibayar oleh perusahaan karena meminjam modal.
  • Pretax Income atau Pendapatan/Laba Sebelum Pajak. Yaitu pendapatan perusaaan sebelum dikurangi pajak. Pretax income diperoleh dengan cara mengurangkan operating income dengan interest expenses (Pretax Income = Operating Income – Interest Expenses)
  • Income Tax atau Pajak Penghasilan Perusahaan. Yaitu pajak penghasilan yang harus dibayar oleh perusahaan kepada otoritas pajak atau negara.
  • Net Income atau Laba Bersih. Yaitu selisih atau pengurangan antara pretax income dengan income tax (Net Income = Pretax Income – Income Tax). Net income sering disebut juga dengan istilah bottom line.
Format Laporan Income Statement
Dalam menyajikan laporan rugi laba, ada dua format yang umum digunakan yatiu Multi Step format dan Single Step format. Pada multi step format, laporan rugi laba disajikan secara bertahap dengan menampilkan 4 figur laba atau income yaitu gross income, operating income, pretax income dan after-tax income. Sedangkan pada single step, figur laba gross dan operating tidak disajikan. Ilustrasi kedua format laporan rugi laba disajikan seperti gambar dibawah:

Sumber: Investopedia.com

Contoh Income Statement Sederhana
Berikut adalah kami sajikan contoh laporan rugi laba dengan dengan format multi step:
Income Statement for Educa Bookstore 2015
Net Sales         50,200,000
Cost of sales          (18,850,000)
Gross Income         31,350,000
SG&A Expenses            (5,700,000)
Operating Income         25,650,000
Other Income (Expenses)            (1,500,000)
Extraordinary Gain (Loss)                          –
Interest Expense                          –
Pretax Income         24,150,000
Tax                          –
Net Income         24,150,000


Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :
  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)
KANTOR KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KANTOR JASA AKUNTANSI BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR AKUNTAN PUBLIK BATAM
KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
SOFTWARE ACCOUNTING BATAM
SOFTWARE KASIR BATAM
SOFTWARE POS BATAM
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN BATAM
JASA PERPAJAKAN BATAM
JASA AKUNTANSI BATAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer