Senin, 18 Maret 2019

MANFAAT DAN CONTOH LAPORAN LABA RUGI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Salah satu ukuran keberhasilan perusahaan adalah dengan melihat kondisi keuangannya. Kondisi keuangan atau finansial ini dapat dilacak apabila Anda memiliki laporan keuangan yang baik dan benar. Laporan keuangan terdiri dari beberapa laporan, contoh laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Kali ini, kami akan bahas lebih dalam mengenai laporan keuangan laba rugi. Laporan laba rugi dapat dibuat setiap minggu, bulanan, semesteran, atau tahunan sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk menilai kinerjanya. Selain untuk menilai kinerja, laporan laba rugi juga memiliki banyak manfaat yang dapat Anda diperoleh. Berikut merupakan manfaat dan contoh laporan laba rugi yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Laporan Laba Rugi


Sebelum melihat manfaat dan contoh laporan laba rugi, ada baiknya Anda mengetahui tentang pengertian laporan laba rugi itu sendiri. Laporan laba rugi merupakan salah satu laporan keuangan yang akan menampilkan informasi pergerakan usaha. Sehingga Anda dapat mengetahui jumlah total pendapatan dan pengeluaran baik harga pokok penjualan maupun biaya operasional. Selain itu, Anda juga dapat melihat laba kotor dan laba/rugi bersih dari hasil usaha Anda dengan cepat. Laporan laba rugi memiliki beberapa elemen, diantaranya pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian.

Manfaat Laporan Laba Rugi


Ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh jika membuat laporan laba rugi. Adapun manfaat tersebut yakni:

1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan
Manfaat pertama dari laporan laba rugi yaitu dapat menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan. Melalui laporan laba rugi Anda dapat melihat peningkatan pendapatan atau kerugian yang didapat oleh perusahaan. Dengan melakukan evaluasi, selanjutnya Anda dapat meminimalkan risiko kerugian. Misalnya, perusahaan mengalami kerugian terus menerus maka Anda dapat mengambil keputusan untuk bisa berkembang dan tetap bisa menghadapi persaingan.

2. Mengembangkan Perusahaan
Dengan melihat dan mengamati laporan laba rugi pada akhir periode, Anda sebagai pemilik perusahaan dapat menilai pengeluaran-pengeluaran yang efektif dan tidak. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk mengembangkan perusahaan. Karena untuk mengembangkan perusahaan, Anda perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan pendapatan/profit atau mengurangi pengeluaran dan laporan laba rugi dapat menyajikan informasi tersebut.

3. Menilai Risiko
Beberapa perusahaan mungkin ada yang sulit untuk mendapatkan profit dan mengalami kerugian terus menerus maka laporan laba rugi dapat berfungsi untuk menilai risiko perusahaan kedepan. Dengan mengetahui risiko perusahaan atau bisnis, maka secepatnya Anda dapat mencari solusi. Risiko dalam setiap bisnis pasti ada, jadi tugas Anda yang penting adalah meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi tanpa dugaan sebelumnya.

4. Tolok Ukur Perusahaan

Manfaat lain dari laporan laba rugi adalah menjadi tolok ukur perusahaan untuk bekerja lebih baik lagi. Agar karyawan dan perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi kedepan nya. Tolak ukur laporan laba rugi juga dapat memacu kinerja perusahaan sehingga perusahaan dapat bersaing dengan pesaing di pasar.

5. Menganalisis Strategi Perusahaan

Laporan laba rugi juga dapat digunakan untuk menganalisis strategi perusahaan. dalam menjalankan operasionalnya, perusahaan pasti memiliki strategi khusus. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya strategi maka dapat dilihat dari beberapa hal contoh laporan laba ruginya. Apakah strategi yang dipilih dapat membuat perusahaan menghasilkan pendapatan yang maksimal di setiap bulannya atau malah sebaliknya strategi yang dipilih tidak cocok.

6. Profil Perusahaan
Selain masalah pasar biasa, perusahaan yang terbuka atau go public juga harus memikirkan profilnya di dunia pasar modal. Profil perusahaan ini akan berpengaruh terhadap para investor atau pemegang saham. Investor maupun pemegang saham tentu saja tidak mau memilih perusahaan dengan profil yang buruk untuk menginvestasikan uangnya. Karenanya pemegang saham atau pun calon investor akan melihat dengan teliti laporan keuangan salah satu contoh laporan laba rugi.

Konsultasikan keluhan keuangan bisnis anda pada kami, siap membantu apapun kendala keuangan anda. Kami menyediakan berbagai macam jasa keuangan diantaranya :
  1. Jasa Pembukuan dan Jasa Akuntansi /Accounting Services
  2. Jasa Penyusunan Laporan Keuangan 
  3. Jasa Audit/ Atestasi/ AUP (Rekanan Kantor Akuntan Publik Terdaftar)
  4. Jasa Konsultasi Manajemen & Keuangan/ Financial Management Services
  5. Jasa Konsultasi Perpajakan/ Tax Services
  6. Penjualan Software Accounting & Kasir (POS) Offline dan Online
  7. Jasa Pelatihan (Training Akuntansi dan Software Akuntansi/ Kasir)
KANTOR KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KANTOR JASA AKUNTANSI BATAM
KANTOR KONSULTAN PAJAK BATAM
KANTOR AKUNTAN PUBLIK BATAM
KONSULTAN KEUANGAN BATAM
KONSULTAN PAJAK BATAM
SOFTWARE AKUNTANSI BATAM
SOFTWARE ACCOUNTING BATAM
SOFTWARE KASIR BATAM
SOFTWARE POS BATAM
PT. LADFANID KONSULTINDO BATAM
JASA PEMBUKUAN BATAM
JASA PERPAJAKAN BATAM
JASA AKUNTANSI BATAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer